​Leluhur Indonesia Punya Banyak Warisan Budaya

Indoportalnews.com – Indonesia merupakan negara terkaya akan budaya warisan leluhurnya, tak heran banyak negara lain yang berbondong-bondong datang untuk studi banding bahkan tidak jarang dari mereka rela tinggal bertahun-tahun untuk mempelajari budaya adiluhung tersebut.

Namun mereka banyak yang tidak mampu menguasai ajaran tersebut, sebeb ajaran itu hanya dapat dimiliki bagi orang Jawa yang sudah menyatu dengan Jawanya itu sendiri.

Masyarakat Indonesia pada zaman dulu tidak lepas dari ilmu kanuragan atau ilmu kebatinan untuk membela diri secara supranatural. Ilmu tersebut digunakan untuk bertahan dan menyerang, khususnya masyarakat di Jawa. Para pendekar Jawa memiliki banyak ilmu kanuragan yang sangat terkenal, di antaranya ilmu waringin sungsang.

Waringin sungsang berasal dari kata waringin yang berarti pohon beringin, sedangkan sungsang berasal dari kata terbalik. Jadi, waringin sungsang berarti pohon beringin yang terbalik di mana akarnya berada di atas, yang bermakna bahwa sumber kehidupan segala yang ada, sumber kebahagiaan, keagungan, serta sumber asal mula kejadian.

Konon, ilmu kanuragan ini diciptakan Sunan Kalijaga. Ia menciptakan ajian tersebut untuk memerangi pendekar berilmu hitam dan ahli sihir yang menggunakannya untuk berkuasa. Tak hanya itu, mereka juga sering meresahkan masyarakat yang tak bersalah.

Ajian waringin sungsang memiliki efek yang sangat mematikan. Siapa pun yang diserang ajian ini, kekuatannya akan terserap dan akan mengalami kelumpuhan. Selain untuk menyerang, pertahanan pemilik ajian itu sangat hebat. Maka, pendekar dengan waringin sungsang sangat disegani kawan dan lawannya. Dilansir dari krjogja.com, Selasa (14/3/2017).

Sunan Kalijaga menciptakan ilmu kanuragan tersebut tetap bernuansa religius. Selain itu, ajian itu memiliki rapalan-rapalan yang menyertakan nama Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehingga bisa meyakinkan masyarakat bahwa ajian tersebut merupakan ilmu putih (kebaikan).

Karena tingkat ilmu dan falsafah yang dimilikinya sangat tinggi, ajian waringin sungsang ini hanya bisa dimiliki para pendekar yang sudah menyelesaikan urusan dengan dirinya sendiri. Biasanya, para pemiliki ajian ini adalah mereka yang berusia paruh baya, sehingga tidak akan menggunakannya untuk kejahatan. Yud

Beri Komentar dalam Postingan Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s